Membuat Game Flash Sederhana 1 - PutuBlog18
PBPUTUBLOG18
Wednesday, 8 February 2012

Membuat Game Flash Sederhana 1



Baiklah, di hari yang terlalu cerah ini ( Panas ) PutuBlog18 akan memposting tentang cara membuat Game dari Flash. Walaupun sederhana, tapi lumayan bagus kok.
Software yang saya gunakan adalah Macromedia Flash. kalau Adobe Flash belum pernah nyoba :) , Untuk contohnya bisa lihat Disini



Baiklah,, Langsung ke tutorial saja yaa..



1. Buka Macromedia Flash Anda, dan buat document baru.

2. Buat tulisan "QUIZ PUTUBLOG18" Lalu buat sebuah Persegi, Ukuran Bebas.

Flash-1
3. Buat Dynamic Text ( ada di bagian bawah sebelah kiri ), Tulis angka "00"
    Tulis di Variablenya "angka_1"

4. Copy dynamic Text yang tadi, Lalu paste, dan ubah Variablenya menjadi "angka_2"
5. Buat 2 Static Text, tulis tanda "+" dan "=" .

6. Buat persegi kecil, dan Buat lagi input text diatas persegi tersebut. Tulis angka "00"
    dan ubah Variablenya Menjadi "jawab" dan ubah Instance Name menjadi
    "answerBox"

Flash-2
 7. buat 2 buah tombol di bawah kotak merah masing-masing dengan nama tombol
     random dan tombol check. Lalu Convert masing-masing menjadi button dengan
     menekan "F8" lalu pilih "button"

8. Sekarang kita buat Apa tindakannya jika jawaban benar atau salah..
    pertama, buat Tulisan "Selamat Jawaban Anda Benar" dari Static Text di Bawah
    pertanyaan berikut. atau Bebas terserah anda. Lalu jadikan tulisan sebagai movie clip
    dengan menekan"F8" lalu pilih movie clip. Ubah Instance Name menjadi
    "true_answer".

9. Masuk ke dalam Movie Clip anda dengan menekan tulisan tersebut 2 kali. Klik frame 1,
    tahan dan geser ke frame 2, sehingga tidak ada objek di frame 1, lalu klik frame 10,
    klik kanan dan pilih insert keyframe. kembali ke frame 1 tekan tombol F9 dan
    masukkan kode berikut:


stop();
Flash-3

10. Buat lagi Static Text bertulisan "Jawaban Anda Salah, Coba Lagi" , Lalu Lakukan hal yang sama seperti nomor 8 dan 9. Tetapi ubah Instance Name menjadi "wrong_answer".

11. Kembali ke Stage utama / Layer Utama. Klik Frame 1, Lalu copy code Berikut ini.

problem();
function problem() {
var _loc1 = 2+random(8);
var _loc2 = 2+random(8);
angka_1 = Math.floor(_loc1);
angka_2 = Math.floor(_loc2);
jawab = "";
Selection.setFocus(_root.answerBox);
stage.focus = _root.answerBox;
_root.answerBox.setSelection(0, 1);
}
function check_answer() {
if (angka_1+angka_2 == jawab) {
true_answer.play();
problem();
} else {
wrong_answer.play();
Selection.setFocus(_root.answerBox);
}
}
12. Klik tombol "Random" lalu masukkan kode berikut ini
on (press) {
problem();

}

13. Klik tombol "Check" lalu masukkan kode berikut ini
on (press) {
check_answer();
}

Selamat, Flash anda sudah berhasil diBuat.

Jika ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan ya. :)

SALAM PB




Penelusuran Terkait :
Flash, Cara membuat Game, Game Flash, Game Sederhana

55 komentar

Wah sob... nyimak dulu ya..pengen cobain

Makasi... Silahkan gan..!!

wah sobat pinter flash ya :D

aahh,, gak kok...
Baru belajar juga nii..

bingung euy..ternyata lumayan ribet bikin flash ya..

Yaa gan.. Padahal sederhana bgt..

wah makasih ilmunya sob.. Izin praktek :D
Absen siang

waduh ribet amat yah..

happy Blogging

iya gan,, emank agak ribet..

saya juga gey pengen blajar bikin flash game

Silahkan kawan..!!! di google jga banyak kok tutornya..
yang sy share hanya game sederhana ,, mseh banyak tutor game bagus dan memang sedikit ribet !!

saya belum punya software macromedia flash nya. mau download dimana yah ?

gan .. dowbload macromedia flash nya dimana ?

mau nyoba praktekin...tpi sebelum itu hrus download macromedia flashnya dlu... nice share.

kotak hasil gak ada sript ya

om putu klu buat yang kek pertanyaan gmn ya ==a

Nanti kalau sempat akan saya buatkan postingannya :D

tq gan!!!

gan ane udh coba buat sesuai tutor yang ente bikin, tapi kenapa hasil jawaban ane selalu salah (bukan ane yang salah ngitung loh)
mohon bantuannya gan...thx

gan tau scripnya dari mana gan ?

Bagus sob... klo perkalian, pengurangan, n pembagian apa tinggal ganti scripnya??

gan bisa tampilin video tutornya gak ..?
n hasilnya jadi biar tambah menarik..

yaa tinggal diubah script saja,,

Sob cepet!!! variable nya dimana sih??? tolong kasih gambarnya please!! ada tugas nih :D

Dapetin Softwarenya giimana gan ??

Good Job Bro . . . . .

gan macromedia flash sy masih blum ada dimana sy bisa dapet aplikasinya .... makasih sebelumnya

wah mas, saya belum punya MFnya, dan kalo game yang lain ada gak mas,, ni sih contohnya dah bagus, tapi kurang seru,, kalo buat itung-itungan bagus ni,, yang perang-perangan ada gak mas :)

beri link download aplikasi mackromedia flash nya donk

Download di http://putublog18.blogspot.com/2012/01/download-macomedia-flash-8-kegen.html :D

http://putublog18.blogspot.com/2012/01/download-macomedia-flash-8-kegen.html

http://putublog18.blogspot.com/2012/01/download-macomedia-flash-8-kegen.html

Wah kalo untuk game perang-perangan kayak saya sendiri juga perlu banyak belajar :D

cara membuka script gimana?

klo untuk game laen apakah code yang kita pakai nanti sama seperti di atas kakak??
tolong di jawab ya kakak.. klo ga link di blog ane aja kak..
http://mybherry.blogspot.com

Untuk pemula disana udah dikasi code-code.. yang penting kita ngerti apa maksud code itu.. liat aja tulisan code-code itu,, pasti paham apa maksudnya code itu..

tekan F9 di frame yg mau dimasukkan scriptnya..

wah dynamic text di bagian mana ??? ane cri di mna mna gak ada !!!

Klik Teks yang ingin anda ubah. lalu ada di pojok bawa kiri. tulisan normalnya 'static text' ubah menjadi 'dinamic text'

sob kok pas d klik check dia selalu salah katanya n dmnanya ya sob yg slh

Dynamic text na kok undefined kak?

kak, aku sudah ngikutin petunjuk seperti kakak berikan
tapi jawaban setelah di cek selalu salah, padahal aku jawabnya betul

thank's gan infonya . . . ^^,

kalau game Yu-Gi-Oh! ... apa bisa juga dibuat pake game flash??

Hеllo, I wish for tο subscrіbe for this weblog to get most
rеcеnt uρdatеs, thus where сan i dο it ρlease help.


Also νisit my web-site; same day loans

wahhh keren juga nichhh
sukses ajh dach gan